Apa itu Google Featured Snippets? Temukan Jawabannya Disini!

No Comments

Google Featured Snippets sediakan jalan singkat untuk ada di status paling indah SERP. Ini bukanlah sekadar rank #1 Google! Ini tempat spesial yang sanggup tingkatkan trafik organik secara menegangkan. Beberapa ahli SEO menyebutnya; sebagai status #0. Maknanya di atas rangking 1 Google! Fitur Snippets atau Kutipan favorit umumnya berisi rangkuman info berbentuk paragraf, tabel, daftar, atau video, bersama dengan link ke halaman situs yang sediakan content.

Selainnya ada di bagian atas, feature ini tampilkannya lebih mencolok hasil dari penelusuran lainnya. Hingga memberikan eksposur merk tambahan dan kekuatan klik yang semakin tinggi. Seperti inilah penampilannya di SERP (halaman hasil mesin pencari)

Ben Goodsell dari SearchEngineLand.com mengatakan jika, rasio klik-tayang (RKT) untuk website yang beradapa pada ‘cuplikan favorit’ bertambah dari 2% jadi 8%. Ini berkonstribusi , tingkatkan jalan raya organik sampai 677%.

Karena status dan penampilannya yang spesial, Featured Snippets mengambil jalan raya dari situs rangking satu. Berdasar riset Ahrefs, website yang ada pada rangking paling atas rerata mendapatkan 26% click, saat tidak ada kutipan favorit. Tetapi, akan turun mencolok jadi cuma 19,6% bila ada kutipan favorit yang diperlihatkan.

Dan studi yang sudah dilakukan oleh Search Engine Land hasilkan data jika, Google featured snippet ini memperoleh lebih kurang 8% click dari pencarian yang sudah dilakukan. Jadi makin memikat, kan? Dalam artikel ini, kami akan membahas Google Featured Snippets, tipe, contoh dan langkah memaksimalkan content untuk memperolehnya. Silahkan kita masuk ke dalamnya.

Apa Itu Google Featured Snippets?

Google featured snippet ialah tempat khusus berbentuk kotak yang tampilkan rangkuman info yang diperlihatkan pada rangking teratas di SERP. Ini bisa berbentuk paragraf, tabel, daftar, atau video. Google featured snippet ini menyuguhkan ringkasan info yang paling berkaitan dengan kata kunci atau query yang dipakai pada pencarian. Dan persyaratan khusus untuk memperoleh ini, situs Anda harus rangking di halaman 1 Google.

Google mengonfirmasi jika tidak seluruhnya pencarian akan berisi Google featured snippet. Cuma, bila Google memandang jika ada sisi dari satu halaman content bisa memberi info yang berkaitan dengan query atau kata kunci yang dipakai, karena itu Google akan masukkan halaman content itu ke Google featured snippet.

Kenapa Google Featured Snippets Jadi Penting Dalam SEO?

Seperti yang pernah kami singgung awalnya pada bagian awalnya, jika kedatangan Google featured snippet tidak cuma memberi faedah untuk pemakai Google, tetapi beberapa praktisi SEO dan digital marketing. Mengapa begitu?

Jawabnya simpel. Mayoritas pemakai internet tentu saja akan mengeklik halaman content yang ada di sisi paling atas dari penelusuran yang mereka kerjakan. Bila halaman content anda sukses diperlihatkan dalam Google featured snippet, karena itu bisa ditegaskan halaman content itu akan memperoleh banyak trafik/lawatan.

Tidak itu saja, bersamaan dengan bertambahnya jumlah trafik lawatan alami ke web anda, karena itu hal itu akan memberi imbas positif untuk SEO Web anda. Hingga kewenangan web anda di mata Google akan makin baik.

Bagaimana Langkah Kerja Google Featured Snippets?

Walau Google Fitur Snippet ini sudah lumayan lama di-launching, ada banyak webmaster dan pegiat SEO yang belum pahami dengan kerja Google featured snippet ini. Merilis info Google Dukungan, Google Featured Snippets ini terjadi bila mekanisme Google memandang jika halaman content web berkaitan bisa memberi keringanan pemakai Google dan jawab pertanyaan mereka.

Feature pencarian Google ini pada intinya bekerja secara automatis, tampilkan kutipan info dari sebuah halaman content yang paling berkaitan dengan kata kunci atau query yang dipakai. Feature ini sendiri lebih memprioritas keterkaitan isi content dengan query atau kata kunci yang dipakai untuk penelusuran.

google featured snippets

google featured snippets

Jenis Google Featured Snippet

Ada 4 tipe berlainan dari google featured snippet, yaitu mencakup:

The Definition Box (Kotak Definisi)

Tipe google featured snippet pertama ialah The Definition Box atau yang dikenal juga bernama kotak pengertian. Sesuai namanya, google featured snippet ini berisi info dari pengertian kata kunci atau query yang dipakai oleh pemakai pada pencarian Google. Sebagai contoh:

Misalkan anda menulis query “apakah itu Google SERP Snippet” di penelusuran Google. Karena itu Google akan tampilkan kutipan dari satu halaman yang menyuguhkan info tentang pengertian dari Google SERP Snippet.

Dengan google featured snippet ini, karena itu pemakai Google segera dapat mendapati keterangan atau pengertian dari satu hal lebih cepat.

The Table (Tabel)

Tipe google featured snippet yang lain ialah The table atau tabel. Tipe google featured snippet ini umumnya akan diperlihatkan untuk pencarian yang berkaitan dengan alterasi atau satu unit pengukur. Sebagai contoh:

Misalkan, bila anda memakai kata kunci ukuran kasur pada pencarian Google. Karena itu Google akan menyuguhkan kutipan tabel ukuran beragam tipe kasur dari satu halaman content yang paling berkaitan.

Lewat google featured snippet berwujud tabel ini, pemakai segera dapat memperoleh info tentang satu alterasi, nilai dan turunannya.

The Ordered Daftar (Daftar Posisi)

Bukan hanya bisa berbentuk pengertian dan tabel, Google sediakan halaman di google featured snippet berbentuk daftar posisi. Di kelompok pegiat SEO, google featured snippet berwujud daftar posisi ini dikenali dengan istilah The Ordered Daftar.

Tipe google featured snippet ini menyuguhkan info secara berurut sesuai posisi waktu, nilai dan satu pola. Sebagai contoh:

Misalkan, bila anda menulis kata kunci “langkah membuat account youtube”, karena itu Google akan tampilkan kutipan daftar langkah membuat account youtube secara berurut.

Contoh yang lain, bila anda menulis kata kunci “daftar film terkenal 2021”, karena itu Google akan menyuguhkan kutipan info daftar film pada tahun 2021 secara berurut diawali yang terpopuler. Sudah pasti kutipan itu datang dari halaman content yang paling berkaitan.

The Unordered List (Daftar Tidak Berurutan)

Bila google featured snippet tipe The Ordered Daftar tampilkan kutipan dari satu halaman web secara berurut, karena itu ada tipe google featured snippet yang tampilkan kutipan secara tidak berurut. Tipe google featured snippet ini dikenali dengan istilah The Unordered List.

Kutipan ini biasanya bisa ada bila kutipan daftar yang diambil dari satu halaman web tidak mempunyai pembanding secara posisi waktu dan nilai. Sebagai contoh:

Misalkan, anda lakukan pencarian memakai kata kunci “kata kunci research tools”, karena itu Google akan tampilkan kutipan daftar kata kunci research tools yang tidak berurut dari satu halaman web yang paling berkaitan.

Langkah Optimisasi Content Untuk Google Featured Snippet

Ini sebetulnya, sisi dari taktik SEO on-page tingkat menengah. Untuk membikin halaman content anda berpotensi untuk masuk ke tempat kotak spesial pencarian Google “google featured snippet”, ada banyak cara optimisasi content yang anda kerjakan.

Merilis info dari halaman backlink, berikut langkah-langkah optimisasi content yang kami tujuan awalnya.

Mendapati Peluang Untuk Tampil di Google Featured Snippet

Lakukan penelitian kata kunci adalah hal cara yang perlu anda kerjakan untuk optimasi halaman content anda untuk google featured snippet.

Berlainan dengan penelitian kata kunci untuk kepentingan pembikinan content, penelitian kata kunci yang kami tujuan di sini yaitu penelitian kata kunci untuk ketahui kata kunci mana yang kompetisi SERP nya sudah anda menangi. Sebagai contoh:

Misalkan, anda mempunyai halaman content berperingkat 10 besar di SERP Google untuk kata kunci “langkah menulis artikel SEO”. Karena itu bisa disebutkan jika halaman content anda itu terhitung ke salah satunya halaman yang memenangi rangking untuk kata kunci “langkah menulis artikel SEO” itu.

Ini adalah point utama pada proses optimisasi halaman content untuk google featured snippet. Masalahnya study dari backlinko mengatakan jika:

99.58% dari halaman yang tampil di google featured snippet ialah halaman content yang sukses masuk ke halaman pertama SERP Google untuk kata kunci tertentu.

Bila anda tidak mempunyai halaman content yang sukses masuk ke 10 besar di SERP Google, karena itu kami harus menjelaskan jika anda nyaris tidak mempunyai peluang untuk tampil di google featured snippet.

Untuk cari tahu mengenai kata kunci yang sukses dimenangi oleh halaman content anda, anda bisa memercayakan tools online namanya “Ahrefs“. Tools online ini mempunyai feature organic kata kunci report yang memperlihatkan daftar halaman content di web anda dan posisinya di SERP Google.

Memakai Snippet Bait di Halaman content

Cara optimisasi content seterusnya yang bisa dilakukan untuk membikin halaman content anda tampil di google featured snippet dengan menambah snippet bait ke halaman content anda.

Sebagian dari anda kemungkinan masih asing dengan istilah Snippet Bait. Snippet Bait ini sendiri ialah block content atau paragraf khusus dengan panjang 40 sampai 60 kata yang direncanakan untuk memperoleh tempat di google featured snippets.

Cara optimisasi halaman content ini sendiri didasari pada analisis dari SEMRush yang mendapati jika : Nyaris tujuh juta kutipan halaman content di google featured snippets mempunyai jumlah kata 40 sampai 60 kata.

Dengan tuliskan paragraf pendek sekitaran 40 sampai 60 kata setiap subtopic dari halaman content anda, karena itu paragraf itu akan berpotensi untuk diperlihatkan di google featured snippet.

Halaman content backlinko bertema what is visual konten? bisa disebutkan sebagai salah satunya contoh bagus dalam implementasi snippet bait ini.

Bila anda berkunjung link halaman visual konten yang kami berikan di awalnya, anda segera dapat menyaksikan jika backlinko menulis paragraf pendek untuk tiap subtopic yang diulasnya.

Contoh lain implementasi snippet bait ini dapat juga anda saksikan di halaman How to Create an SEO Strategy for 2021 [Template Included]. Pada halaman content itu, anda tentu saja bisa menyaksikan jika tiap subtopic diterangkan lewat paragraf pendek yang terorganisir baik sekali.

Dengan mengaplikasikan snippet bait pada ulasan di halaman content anda, karena itu hal itu akan tingkatkan kekuatan halaman content anda untuk ada di google featured snippets.

Memakai Pola Content Yang Pas Untuk Google Featured Snippet

Berdasar analisis yang sudah dilakukan oleh backlinko, diketemukan jika 81,9% kutipan halaman yang diperlihatkan di Google featured snippet ialah berbentuk paragraf atau yang dikenali dengan istilah paragraph snippet.

Dalam masalah ini, the definition box bisa disebutkan sebagai salah satunya sisi dari paragraph definition.

Tetapi walau paragraph snippet ialah kutipan yang tersering diperlihatkan di Google featured snippet, anda harus tetap ingat jika ada tipe Google featured snippet yang lain.

Maka dari itu, anda harus berusaha optimasi susunan content anda sebagus mungkin agar diperlihatkan sesuai tipe kutipan yang anda bidik.

Misalkan bila anda menarget google untuk tampilkan kutipan halaman content anda berbentuk daftar (the ordered list), karena itu bisa optimasi susunan content anda dengan memakai heading tags, hingga sisi daftar heading anda akan mempunyai potensi diperlihatkan di Google featured snippets.

Bila anda menarget Google untuk tampilkan kutipan tabel di halaman content anda (the table), karena itu anda bisa optimasi susunan content anda dengan memakai penampilan tabel yang simpel didalamnya. Hingga Google lebih gampang untuk tampilkanya di Google featured snippet. Misalnya tabel yang cuma mempunyai 2 kolom.

google featured snippets

google featured snippets

Beberapa Kata Penyebab Untuk Tampil di Google Featured Snippet

Saat lakukan penelitian info tentang langkah optimasi halaman content untuk google featured snippet ini, kami sempat mendapati beberapa halaman SEO Ahli yang menerangkan jika ada beberapa kata yang di-claim bisa memacu halaman content diperlihatkan di google featured snippet.

Adapun beberapa kata yang kami dapatkan itu ialah seperti berikut:

Kata yang Terkait Dengan Waktu

  • Often/Kerap
  • Years/Tahun
  • Deadline/Batasan waktu
  • Last/Paling akhir
  • When/Kapan
  • Age/Umur
  • Kata yang Terkait Dengan Pertanyaan Umum
  • Do/Kerjakan
  • Dose/Jumlah
  • Cause/Karena
  • Causes/Pemicu
  • Define/Mendefenisikan
  • Definition/Defenisi
  • Mean/Makna
  • Meaning/Memiliki arti

Kalimat yang kami sebut di atas memang seharusnya dianggap sebagai sejumlah kata yang seringkali dipakai sebagai query atau kata kunci di pencarian Google dengan bahasa Inggris.

Bila anda ingin memakai kalimat di atas untuk optimasi halaman content anda supaya ada di google featured snippet, anda bisa mengartikannya lebih dulu saat sebelum menambahnya ke content anda.

Menulis Content Dengan Pola Piramida Kebalik

Sebagai sisi penutup, kami akan memberi panduan yang dapat menolong tingkatkan kekuatan halaman content anda untuk tampil di Google featured snippet. Panduan itu dengan menghasilkan content dengan pola piramida terbaik.

Pola piramida terbaik ini bisa disebutkan sebagai salah satunya hal yang sekarang ini makin bertambah diaplikasikan oleh beberapa pegiat SEO untuk memaksimalkan halaman situsnya di SERP.

Konsep dari penulisan content dengan pola piramida kebalik ini bisa disebutkan cukuplah sederhana, yaitu anda perlu menyuguhkan info umum penting lebih dulu pada awal content anda dan baru meneruskannya dengan info detil dan pendukung.

Biasanya artikel dengan pola piramida kebalik ini akan dengan diawali beberapa pertanyaan umum berkenaan topik yang diulas. Sebagai contoh:

Misalkan halaman content anda mengulas berkenaan “langkah optimisasi meta description”, karena itu pembahasan biasanya akan diawali dengan keterangan umum berkenaan apakah itu meta description, kenapa meta description itu wajib, langkah membuat meta description dan yang lain sampai ulasan paling penting.

Contoh Halaman Web Yang Mendapatkan Google Featured Snippets

Untuk perkuat pengetahuan anda mengenai Google Featured Snippets ini, berikut ada banyak contoh kutipan halaman web yang sukses diperlihatkan Featured Snippets Google.

Contoh Kutipan The Definition Box ( Kotak Definisi)

Bila anda berkunjung halaman backlinko pada gambar di atas, anda segera dapat menyaksikan jika backlinko memakai ide snippet bait yang kami terangkan awalnya.

Backlinko membagikan isinya ke beberapa subtopic dengan ulasan pendek untuk memudahkan pengunjung membaca isinya, sekalian tingkatkan kekuatan halamannya untuk diperlihatkan di Google Featured Snippet. Untuk deskripsi jelasannya, anda dapat segera menyaksikan gambar berikut ini:

Contoh Kutipan The Table (Tabel)

Pada gambar Google featured snippet di atas, anda bisa menyaksikan jika Google tampilkan kutipan dari tabel yang berada di halaman fastfoodmenuprices.com.

Hal itu bisa terjadi karena halaman itu menyuguhkan info tabel dengan pola yang bagus, hingga memudahkan Google untuk menarik data dari tabel itu untuk diperlihatkan di Google Featured Snippet.

Untuk contoh dari tabel dengan format baik itu, anda bisa menyaksikannya dari gambar berikut ini.

Contoh Kutipan The Ordered Daftar (Daftar Berurutanan)

Gambar di atas adalah contoh halaman web glints yang sukses diperlihatkan di google featured snippet berbentuk ordered lists. Pada kutipan halaman di Google featured snippet itu, Google menarik listing cara yang dihidangkan di halaman glints itu. Anda bisa menyaksikannya dari gambar yang kami suguhkan berikut ini.

google featured snippets

google featured snippets

Contoh Kutipan The Unordered Daftar (Daftar Tidak Berurutanan)

Gambar di atas adalah contoh dari kutipan halaman SEOMoz yang diperlihatkan di Google Featured Snippet berbentuk unordered daftar. Google menarik data itu dari listing yang dihidangkan SEOMoz dalam halamannya.

Dari pembahasan yang kami urai di atas, berikut ada banyak point utama yang anda sebaiknya ketahui secara baik berkenaan Google featured snippets.

  • Faedah Google Featured Snippet
  • Tingkatkan trafik lawatan web.
  • Tingkatkan kualitas SEO Web.
  • Mempunyai potensi datangkan link ke web.
  • Tingkatkan users pengalaman pemakai.

Langkah Kerja Google featured Snippet

Google akan tampilkan kutipan dari halaman web yang menyuguhkan info paling berkaitan dengan query atau kata kunci yang dipakai dalam penelusuran. Kutipan yang diperlihatkan akan berbentuk sisi dari halaman web yang bisa jawab pertanyaan dari pemakai.

  • Tipe-Jenis Google featured snippet
  • The Definition Box (Kotak Definisi)
  • The Table (Tabel)
  • The Ordered Daftar (Daftar Posisi)
  • The Unordered Daftar (Daftar Tidak Berurutanan)
  • Langkah Optimisasi Halaman Content Untuk Google featured Snippet
  • Mendapati Snippet Opportunities
  • Memakai Snippet Bait di halaman content
  • Memakai Pola Content Yang Pas Untuk google featured snippet
  • Memakai kata penyebab google featured snippet
  • Tools Yang Diperlukan
  • Kata kunci research tool
  • Ahrefs

Kesimpulan

Google featured snippets bukan sekedar feature pencarian yang memudahkan pemakai internet untuk mendapati halaman content paling berkaitan dengan kata kunci atau query yang mereka pakai.

Feature ini bisa menjadi fasilitas prospektif yang bisa tingkatkan trafik ke satu halaman web. Maka dari itu, pahami langkah untuk optimasi halaman content agar ada google featured snippets ini adalah poin utama yang seharusnya oleh pegiat SEO dan webmaster.

Anda bisa memakai beberapa langkah optimisasi halaman content yang kami terangkan awalnya untuk tingkatkan kesempatan halaman content anda diperlihatkan di google featured snippet.

Demikian pembahasan berkenaan Google featured snippets yang sudah kami kumpulkan buat anda, mudah-mudahan pembahasan ini bisa berguna dan bisa menolong tingkatkan kualitas SEO dan trafik lawatan web anda.

Janganlah lupa untuk subscribe website kami untuk memperoleh semakin banyak pembahasan informatif yang lain sekitar dunia optimisasi SEO. Terima kasih.

Frequently Asked Question

  • Bagaimana Langkah Untuk Diperlihatkan di Google Featured Snippet?
  • Mendapati Snippet Opportunities
  • Pakai Snippet Bait di halaman content
  • Pakai Pola Content Yang Pas
  • Pakai kata penyebab google featured snippet
  • Apakah itu Snippet Optimization?
  • Snippet Optimization ialah usaha optimisasi halaman content agar ada di Google Featured Snippet.

Apakah itu Snippet Optimization?
Snippet Optimization ialah usaha optimisasi halaman content agar ada di Google Featured Snippet.

Langkah Mengatur Google Featured Snippet?
Pakai nosnippet meta tag untuk menahan Google tampilkan kutipan halaman content anda di Google Featured Snippet. Anda dapat mengontrol jumlah snippet yang diperlihatkan di Google Featured Snippet memakai the max-snippet [number] meta tag.

Apa Itu Snippet Bait?
Snippet Bait ini ialah block content atau paragraf khusus dengan panjang 40 sampai 60 kata yang direncanakan untuk tingkatkan kekuatan halaman web untuk tampil di Google Featured Snippet.

Apa Lakukan optimisasi Google Featured Snippet itu Penting?
Ya, bila anda ingin mengoptimalkan jumlah trafik lawatan ke web anda, karena itu lakukan optimisasi Google Featured Snippets ini penting.

Sebuah analisis dari mesin pencari land mengatakan jika halaman web yang tampil di Google Featured akan memperoleh kekuatan kenaikan trafik capai 677%.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment