Google EAT SEO Definisi, Fungsi, Penerapannya, Sudah Paham?

No Comments

Google EAT SEO adalah istilah yang sudah lumayan lama dikenali di dunia Search Engine Optimization. Istilah ini sendiri pertama kalinya disebut oleh Google di tahun 2014 lalu. Sampai sekarang ini sudah menjadi satu diantara sisi pada proses optimisasi SEO sebuah web. Tetapi apa sebetulnya Google EAT ini?

Apa sebuah algoritme Google? Pada pembahasan ini kali, kami akan menerangkan secara terinci berkenaan apakah itu Google EAT SEO dan kenapa ini jadi penting pada proses optimisasi SEO sebuah web. Tanpa basa-basi kembali, berikut pembahasan secara lengkap yang sudah kami kumpulkan buat anda.

Apa Sebetulnya Google EAT SEO Itu?

Google EAT ialah sisi dari Algoritme Google dan tutorial yang dipakai oleh beberapa Google’s Search Quality Evaluator untuk tentukan halaman web yang mana paling berkaitan dan berharga untuk ditaruh di rangking atas SERP Google.

Buat anda yang belum pertama kalinya dengar istilah Google’s Search Quality Evaluator, istilah ini diperuntukkan untuk orang yang ditempatkan kerja oleh Google untuk menolong menilai kualitas dan keterkaitan sebuah web pada sesuatu kata kunci atau query.

Google’s Search Quality Evaluator ini sendiri kerap dikenali dengan panggilan Google Quality Rater. EAT sebagai kependekan Expertise, Authority dan Trustworthiness. Ke-3 nya ialah factor yang dipelajari oleh Google’s Search Quality Evaluator saat memandang kualitas sebuah halaman web.

Saat menilai sebuah halaman web, Google’s Search Quality Evaluator akan memberi nilai atau score pada halaman web itu. Di dunia SEO, nilai atau score itu dikenali dengan istilah Google EAT Skor.

Makin baik nilai Google EAT skor yang didapatkan oleh sebuah halaman web, karena itu hal itu mengisyaratkan makin berkaitan dan berkualitas halaman content itu di mata Google.

Sebagian dari anda mungkin bertanya mengenai apakah yang dimaksud dengan Expertise, Authority dan Trustworthiness sebagai factor yang dipandang dalam penetapan Google EAT skor. Untuk ini, kami akan coba menerangkannya secara pelan-pelan buat anda.

Expertise

Expertise ini adalah factor yang dipandang oleh Google’s Search Quality Evaluator saat menilai kualitas dan keterkaitan sebuah content. Expertise ini sendiri terkait dengan siapakah yang menulis content pada sebuah halaman.

Dalam masalah ini, Google lebih mengutamakan halaman content yang dicatat oleh pakar atau ahli berkenaan topik yang diangkat untuk memperoleh rangking tinggi di SERP nya. Sebagai contoh:

Misalkan ada 2 halaman web yang mengulas berkenaan penyakit jantung. Bedanya, salah satunya salah satunya dicatat oleh penulis tanpa latar belakang pengajaran klinis dan yang lain dicatat dengan seorang dokter specialist jantung.

Menurut anda, halaman content mana yang hendak memperoleh rangking yang semakin tinggi di SERP Google?

Jawabnya pasti ialah halaman content yang dicatat dengan seorang dokter specialist jantung. Contoh di atas ialah deskripsi simpel bagaiman Google memandang factor Expertise ini.

Authority

Factor seterusnya dalam penilaian EAT ialah Authority. Factor ini ialah mengenai rekam jejak dari sebuah web. Google menimbang rekam jejak sebuah web dalam penetapan rangking di SERPnya.

Makin bertambah content berkualitas yang dibikin oleh ahli, maka semakin baik juga rekam jejak dari web di mata Google untuk satu topik. Sebagai contoh:

Misalkan anda mempunyai web yang mengulas berkenaan investasi dan anda sudah mengeluarkan banyak content mengenai investasi yang dibikin oleh ahli di web anda. Karena itu rekam jejak web anda sebagai penyuplai info tentang topik investasi akan bertambah di mata mesin perayap Google.

Hingga Google semakin lebih mengutamakan halaman content anda itu di SERP untuk topik sekitar investasi.

Trustworthiness

Factor paling akhir yang dipandang oleh Google’s Search Quality Evaluator dalam memandang kualitas dan keterkaitan sebuah web untuk satu kata kunci atau query ialah Trustworthiness. Factor Trustworthiness ini terkait akurasi info yang dihidangkan dari sebuah halaman web.

Nilai Trustworthiness dari sebuah halaman sendiri adalah hal yang penting untuk suatu web, terlebih bila halaman content web itu mengulas beberapa topik penting seperti kesehatan, keuangan, hukum dan yang lain.

Hal itu karena pemakai internet tentu saja inginkan sumber info yang dapat dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Karena itu, menyuguhkan info dan rekomendasi yang tepat dalam sebuah content jadi sebuah rumor besar bila anda ingin memperoleh rangking tinggi di SERP Google.

Apa Google EAT SEO Ialah Sebuah Factor Rangking?

Sama seperti yang diterangkan awalnya jika Google EAT ini ialah sisi dari algoritme Google dan sekaligus juga tutorial yang dipakai oleh beberapa Google’s Search Quality Evaluator dalam memandang kualitas sebuah halaman web.

Berdasar pada bukti itu, bisa disebutkan secara jelas jika Google EAT ini bukan sebuah rangking faktor. Tetapi Google EAT ini bisa memberi dampak otomatis pada rangking sebuah halaman web di SERP Google. Mengapa begitu?

Seperti sebuah tutorial keberhasilan, saat anda menghasilkan dan mengeluarkan content sesuai Google EAT, karena itu content anda akan mempunyai peluang memperoleh penilaian semakin tinggi dari Google. Hingga halaman web anda juga mempunyai potensi memperoleh rangking tinggi di SERP Google.

google eat seo

google eat seo

Berapa Penting EAT Untuk Sebuah Web?

Bila anda mengurus web yang mengulas beberapa topik penting yang memerlukan penjabaran ahli (pakar) seperti topik kesehatan, tehnologi, hukum, ekonomi, investasi dan yang lain, karena itu Google EAT jadi sebuah rumor penting untuk web anda.

Beberapa topik penting yang kami sebut awalnya terhitung ke kelompok topik YMYL (Your Money Or Your Life), yaitu topik atau ulasan yang bisa memengaruhi kebahagian, kesehatan dan keamanan seorang (memengaruhi kehidupan banyak orang).

Saat sebuah halaman web menyentuh atau mengulas topik yang terhitung ke kelompok YMYL, karena itu Google akan menilai nilai EAT dari halaman itu untuk tentukan posisinya di SERP.

Tetapi ini akan berlainan bila web anda mengulas topik non YMYL, karena itu Google EAT jadi hal yang kurang penting. Topik non YMYL yang kami tujuan di sini yaitu topik yang bisa diulas secara subyektif dan tidak memengaruhi kehidupan beberapa orang. Misalnya seperti referensi tanaman hias elok, referensi mebel bagus murah dan yang lain.

Secara singkat, topik itu bisa diulas secara subyektif oleh penulis, tak perlu memerlukan opini atau penjabaran dari ahli.

Bagaimana Langkah Tingkatkan Google EAT Skor Sebuah Web?

Ingat keutamaan Google EAT untuk memperoleh rangking tinggi di SERP Google. Tingkatkan score Google EAT semestinya menjadi satu diantara tugas rumah yang perlu anda lakukan.

Merilis info dari whitepaper yang diedarkan oleh web Search Engine Journal, disebut jika ada banyak checklist yang bisa anda lakukan bila ingin tingkatkan nilai/score Google EAT dari web anda. Adapun beberapa checklist yang diartikan itu ialah seperti berikut:

Terangkan Ke Pengunjung Mengenai Siapa Anda

Dari 3 factor EAT yang dipelajari oleh Google, bisa disebutkan jika Google ingin ketahui apa orang yang membuat content pada sebuah web ialah sumber info yang reliable (bisa dipercayai).

Untuk tingkatkan score Google EAT SEO di sini, karena itu anda harus menerangkan ke Google berkenaan siapakah penulis dari content yang berada di web anda. Dalam masalah ini, ada 2 pilihan yang bisa anda pakai :

Pertama, anda memberikan semua info penulis content anda di halaman About Us atau Our Tim. Opsi ke-2 ialah membuat halaman profil tertentu untuk tiap penulis content yang tercatat di web anda.

Bekerja Sama Dengan Ahli Dalam Pembikinan Content

Dengan kehadiran Google EAT sekarang ini, Google bukan hanya inginkan sebuah content yang memikat dan bagus. Tetapi dalam masalah ini, Google lebih inginkan content yang dicatat oleh orang yang kapabel untuk topik yang diulas dan langsung dibahas di sini.

Sekarang ini, masih banyak web yang memakai jasa ghost writer untuk produksi artikel yang hendak diedarkan di web mereka.

Hal ini syah untuk dilaksanakan, tetapi berdasar pada point expertise pada Google EAT, Google kemungkinan memandang content yang dibuat sebagai content yang kurang paling dipercaya. Akhirnya, halaman content itu juga tidak bisa tampil maksimal di SERP Google.

Dalam masalah ini, daripada memakai jasa ghost writer untuk produksi content di web anda. Pilihan yang lebih bagus untuk diambil dengan mengaryakan atau bekerja bersama dengan ahli berkenaan topik yang hendak anda angkat sebagai content di web anda. Sebagai contoh:

Misalkan, web anda aktif mengulas topik berkenaan SEO, karena itu anda bisa menimbang untuk mengambil atau bekerja bersama dengan pegiat SEO profesional untuk menulis di web anda (guest blogging).

Bila anda ingin mengeluarkan sebuah isi artikel berbentuk “studi case” di web anda, karena itu anda dapat bekerja bersama dengan perusahaan atau jasa professional yang kapabel berkaitan topik yang anda angka, untuk produksi studi case yang berharga di mata Google.

Menerangkan Dengan Tegas Arah Dari Content Anda

Salah satunya persyaratan isi artikel yang bagus ialah content yang mempunyai arah yang terang. Arah yang diartikan di sini yaitu arah dari content anda dibuat, apa itu dibikin untuk menerangkan suatu hal, memvisualisasikan, memberi cara pembuatan atau memberikan keyakinan orang yang membaca nya.

Anda harus bisa memperjelas arah dari content yang hendak anda publish. Pada bagian ini, anda bisa memakai judul dan headings yang bisa menerangkan tiap detil info penting yang anda pengin menyampaikan melalui isi artikel anda. Sebagai contoh:

Misalkan pada artikel berkenaan Google EAT SEO kami ini. Kami memakai headings untuk semuanya pertanyaan yang terkait dengan Google EAT. Hingga pembaca artikel kami bisa ketahui detil info yang ingin kami berikan lewat artikel kami ini.

Memperbaharui Content Secara Teratur

Tidak memperbaharui content dengan teratur adalah kekeliruan fatal dalam pengendalian web. Hal ini bukanlah cuma membuat web itu jarang-jarang dirayapi oleh Google boot, tetapi membuat info yang disiapkan oleh web anda jadi kurang up-date.

Bila web anda menyuguhkan content yang infonya telah outdated alias kedaluwarsa, hal itu akan membuat nilai Trustworthiness dari web anda jadi menyusut.

Seterusnya bisa anda terka sendiri..Peluang rangking web anda di SERP akan turun atau bahkan juga keluar halaman pertama.

Untuk tersebut, benar-benar dianjurkan buat anda supaya berusaha mendatangkan info baru lewat content web anda. Bila ada halaman content anda yang kiranya berisi info yang tidak berkaitan kembali, pikirkan untuk memperbaharuinya atau membuat content baru untuk menggantinya.

google eat seo

google eat seo

Menyuguhkan Content Yang Mengulas Topik Dari Beberapa Pojok Pandang

Untuk tingkatkan Google EAT Skor, mendatangkan content dengan beberapa pemikiran berlainan. Dengan menyuguhkan content dengan angle ulasan berlainan, karena itu hal itu akan tingkatkan nilai keyakinan akan web anda. Tetapi apakah yang dimaksud dengan mendatangkan content dengan pemikiran berlainan ini?

Sebagai contoh simpel:

Misalkan anda ingin mengulas berkenaan “redirect 301′. Sesudah lakukan penelitian di SERP Google, anda mendapati jika mayoritas halaman content menyuguhkan info mengenai faedah dari redirect 301.

Pada perumpamaan ini, anda bisa berusaha untuk mengulas redirect 301 dari pemikiran berlainan, misalkan “kapan wajib melakukan redirect 301”, “apa keutamaan lakukan redirect 301”, “apa redirect 301 jelek untuk SEO” atau “langkah lakukan redirect 301” dan yang lain.

Tersambung Dengan Sumber Info Paling dipercaya

Bila anda ingin web anda memperoleh keyakinan dari beberapa pemakai internet dan dipandang seperti ahli di bagian industri web anda. Karena itu halaman content anda harus tersambung dengan sumber info paling dipercaya berkaitan dengan topik yang anda.

Suguhkanlah rekomendasi data yang berkualitas dan bisa dipercayai di halaman content yang anda publish. Sebagai contoh:

Misalkan, halaman web anda mengulas mengenai “link building SEO”, karena itu anda bisa memberi link keluar ke halaman content berkualitas yang terkait atau memberikan dukungan ulasan content anda.

Jaga Rekam jejak Merek/Web Anda

Rekam jejak online dari nama merek dan web anda ialah hal yang bisa memengaruhi nilai keyakinan (trustworthiness) pada situs dan halaman content anda. Rekam jejak online yang jelek akan membuat keyakinan pemakai internet dan Google akan web anda turun.

Maka dari itu, membuat perlindungan rekam jejak online dari merek dan nama web anda adalah kewajiban buat anda pikul.

Salah satunya hal yang bisa dilakukan membuat perlindungan rekam jejak merek dan web anda dengan mengeklaim nama merek atau web untuk semuanya sosial media yang ada. Secara singkat, anda harus segera membuat account di sosial media bernama merek atau web anda.

Ini dilaksanakan untuk menahan faksi lain untuk memakai nama merek atau web anda di sosial media. Hingga peluang faksi tidak bertanggungjawab untuk salah gunakan nama merek atau web anda di sosial media jadi menyusut.

Disamping itu, dianjurkan buat anda supaya membuat ulasan positif pada merek atau web anda. Hingga pemakai internet akan mempunyai penglihatan positif pada merek dan website anda. Point intinya, yakinkan jika rekam jejak nama merek atau web anda tidak terkontaminasi!

Tidak boleh Cemas Pada Google EAT SEO!

Pertama kalinya dikenalkan oleh Google, banyak pegiat SEO yang memandang munculnya Google EAT SEO ini ialah sebuah kiamat. Mereka berasumsi EAT akan membuat terjadi peralihan luar biasa pada rangking SERP Google.

Tetapi hal itu sebetulnya asumsi yang kurang pas! Google sudah membuat pengakuan sah jika EAT memang mengubah pada langkah Google memandang kualitas dan keterkaitan sebuah web. Tetapi hal itu bukan peralihan massive yang hendak memberi imbas besar pada rangking SERP.

Lantas apa fungsinya EAT ini?

Google menjawab tentang ini. Google mengatakan jika EAT ini jadi tutorial yang dipakai oleh Google untuk tentukan apa sebuah content berkualitas tinggi atau mungkin tidak. Di sisi lain, guidelines EAT dapat dipakai oleh pegiat SEO dan webmaster untuk tutorial membuat content yang lebih berkualitas untuk web anda.

Dengan membuat content berkualitas tinggi berdasar guidelines EAT, karena itu hal itu akan tingkatkan kekuatan content itu memperoleh rangking semakin tinggi di SERP Google. Dari pembahasan lumayan panjang yang kami terangkan di atas. Kiranya berikut ialah beberapa point utama yang bisa mengambil untuk implementasi Google EAT SEO di web anda.

Factor Dalam Penilaian Score Google EAT

  • Expertise
  • Authority
  • Trustworthiness
  • Langkah Tingkatkan Score Google EAT SEO
  • Terangkan Ke Pengunjung Mengenai Siapa Anda
  • Bekerja Sama Dengan Ahli Dalam Pembikinan Content
  • Menerangkan Dengan Tegas Arah Dari Content Anda
  • Memperbaharui Content Secara Teratur
  • Menyuguhkan Content Yang Mengulas Topik Dari Beberapa Pojok Pandang
  • Tersambung Dengan Sumber Info Paling dipercaya
  • Jaga Rekam jejak Merek/Web Anda

Kesimpulan

Buat anda ingin web anda memperoleh rangking semakin tinggi di SERP Google, EAT ialah komponen yang perlu anda tambahkan dari web anda.

Masalahnya Google ini hari lakukan peringkatan halaman content tidak cuma berdasar jumlahnya link yang ke arah halaman web anda. Tetapi berdasar kualitas dari halaman web anda berdasar factor EAT ini.

Demikian sedikit pembahasan berkenaan Google EAT SEO yang sudah kami kumpulkan buat anda. Mudah-mudahan pembahasan cukup berguna menjadi tutorial buat anda sediakan content berkualitas dan tingkatkan rangking web anda di SERP Google.

Janganlah lupa selalu bantu website ini untuk memperoleh semakin banyak info sekitar dunia SEO dan blogging dari kami. Sampai jumpa di artikel yang lain dan terima kasih sudah membaca.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment