Trik Untuk Mengatasi A Database Error Occurred Anti Gagal

No Comments

A Database Error Occurred adalah error yang kerap dirasakan developer saat membuat web CodeIgniter. Pesan error itu kemungkinan muncul karena kekeliruan komposisi database. Lalu, bagaimanakah cara menangani A Database Error Occurred CodeIgniter?

Tidak perlu cemas, karena kami mengetahui jalan keluarnya. Di artikel ini kali akan diulas dengan detil pemicu detil dan langkah menangani A Database Error Occurred pada CodeIgniter.

Pemicu A Database Error Occurred di CodeIgniter

Pemicu timbulnya pesan A Database Error Occurred pada CodeIgniter ialah ketidaksamaan komposisi database di localhost dan di source kode program.

Tetapi sebetulnya, ada tiga pemicu detil berlangsungnya A Database Error Occurred di CodeIgniter. Apa saja itu?

1. Database Tidak Dijumpai (Unknown Database)

Untuk pemicu yang pertama, A Database Error Occurred akan dituruti pesan:

mysqli::real_connect(): (HY000/1049): Unknown database ‘nama_database’.

Mirip contoh berikut ini:

Ini muncul karena database proyek CodeIgniter belum di-import ke localhost. Jalan keluarnya dengan mengunggah database MySQL pada localhost.

2. Akses Pemakai Ditampik (Acces Denied for User)

Pada pemicu yang ke-2 , pesan kekeliruan A Database Error Occurred yang ada ialah:

mysqli::real_connect(): (HY000/1045): Akses denied for pemakai ‘username_anda’@’localhost’ (using sandi: NO).

Berikut misalnya:

Ini muncul karena komposisi database di localhost dan di source kode proyek tidak tepat. Jalan keluarnya dengan menyamai komposisi database di file database.php dan di phpMyAdmin.

database error occurred

database error occurred

3. Tabel Tidak Dikenal (Table Doesn’t Exist)

Untuk pemicu yang paling akhir, A Database Error Occurred dituruti dengan pesan tambahan:

Error Number: 1146 Table ‘nama_tabel’ doesn’t eksis.

Misalnya seperti berikut:

Nach, error di atas terjadi bukan lantaran kekeliruan di saat komposisi database. Tetapi, saat mengombinasikan tabel. Jalan keluarnya ialah sesuaikan komposisi tabel database di localhost dan di source kode program.

Baca Juga : 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik Bagi Website Anda

Langkah Menangani A Database Error Occurred pada CodeIgniter

Berbeda pemicu error, berbeda juga langkah menanganinya. Karena itu, kami akan membantu Anda menangani A Database Error Occurred di CodeIgniter sesuai pemicunya. Yok, turuti kami!

1. Langkah Menangani Error Karena Unknown Database

Untuk dapat menangani error karena unknown database, Anda perlu mengecek status impor database di localhost. Beberapa langkahnya semacam ini:

Membuka dan aktifkan XAMPP dengan click Start pada kolom Apache dan MySQL.
Sesudahnya, click Admin pada kolom MySQL. Anda akan automatis ditujukan ke halaman localhost/phpmyadmin
Check lebih dulu apa database telah di-import. Pada halaman phpMyAdmin, check daftar database di sidebar samping kiri.
Bila belum, buat database baru dengan click Databases pada Toolbar, lalu tuliskan nama database Anda di kolom Database name. Selanjutnya click Create.

Sesudah membuat database baru, click Impor pada Toolbar. Sesudahnya tentukan Choose your file, unggah file database Anda dengan perpanjangan.sql selanjutnya click Go di bagian paling bawah.
Usai! Sekarang database Anda sudah sukses di impor.

2. Langkah Menangani Error Karena Akses Pemakai Ditampik

Untuk pemicu yang ini, Anda perlu mengecek komposisi database lebih dulu. Bagaimana beberapa langkahnya?

Membuka Homepage phpMyAdmin

Triknya dengan menuliskan localhost/phpmyadmin. Selanjutnya, lihat kolom Database server, ada point Pemakai: [email protected] ‘root’ ialah username Anda.

Lihat juga sisi sidebar di samping kiri. Di sana ada beberapa nama database yang sempat dibikin. Samakan nama database dengan proyek CodeIgniter Anda.

Membuka File Database.php

Membuka source kode proyek CodeIgniter Anda pada teks editor, lalu membuka file database.php pada folder applicationconfigdatabase.php

Dapatkan Komposisi Database

Scroll file database.php sampai Anda mendapati komposisi database yang dengan diawali perintah $db[‘default’] = array( sebagai berikut:

Ada tiga baris yang perlu Anda lihat, yakni:

Username – Nama pemakai database di phpMyAdmin, standarnya ialah root.
Sandi – Sandi database pada phpMyAdmin, standarnya tidak diisi apa saja.
Database – Nama database di phpMyAdmin, samakan dengan proyek Anda.
Ganti Komposisi Database
Tukar username dengan ‘root’, diamkan isian sandi kosong, dan nama database ‘forecasting’ sesuai yang berada di phpMyAdmin. Apabila sudah usai janganlah lupa click Ctrl+S!

Usai! Sekarang Anda sudah sukses atur komposisi file database.php secara benar.

database error occurred

database error occurred

3. Langkah Menangani Error Karena Tabel Tidak Dikenal

Dan untuk pemicu yang paling akhir, Anda harus memeriksa komposisi tabel pada database. Triknya ialah seperti berikut:

Membuka Database di phpMyAdmin

Pada halaman phpMyAdmin, click nama database Anda pada sidebar. Kemudian Anda akan menyaksikan daftar tabel yang sempat dibikin.

Lihat! Ada nama tabel warga, seterusnya silahkan mengecek komposisi tabel pada source kode.

Membuka Mode_m.php

Pada source kode program, yang bertanggungjawab mengurus info dari database, terhitung nilai tabel, ialah mode.

Karena itu, check folder mode. Selanjutnya mencari file Warga_m.php di application/mode/Warga_m.php. File ini bekerja untuk mengurus nilai dari tabel warga.

Ganti Komposisi di Source Kode

Mencari letak kekeliruan pemberian nama tabel. Rupanya terjadi kekeliruan pemberian nama tabel di baris ketujuh. Nama tabel semestinya warga tetapi pada source kode tercatat.

Oleh karena itu, Anda perlu mengganti source kode dari:

$this->db->from(‘penduduk’);
jadi:

$this->db->from(‘penduduk’);
Janganlah lupa click Save. Usai! Sekarang komposisi tabel di database di localhost dan di program telah tepat. Gampang sekali kan?

Yok Tangani A Database Error Occurred CodeIgniter!

Pesan error A Database Error Occurred CodeIgniter adalah error yang umum terjadi saat membuat website CodeIgniter. Pemicunya ada tiga, yakni database tidak dikenali, akses pemakai ditampik, atau nilai tabel tidak dikenal.

Nach, langkah menangani A Database Error Occurred CodeIgniter ini bergantung dari pemicunya. Tetapi yang jelas, beberapa langkahnya benar-benar gampang dan dapat usai dalam sekejap . Maka, yakinkan Anda cermat saat mengombinasikan database ya, baik di localhost atau di source kode program.

Jika web CodeIgniter Anda telah usai dibikin, tentu Anda ingin mengunggahnya ke service hosting supaya bisa dijangkau beberapa orang, kan? Oleh karena itu, Anda perlu service hosting yang sama sesuai keperluan.

Pada intinya, sebagian besar service hosting memberikan dukungan CodeIgniter. Tetapi yang harus diingat, CodeIgniter ialah frame-work yang performnya super cepat. Maka, akan lebih baik bila Anda memakai service hosting berperforma yang cepat juga.

Untungnya Anda dapat menggunakan service hosting dari RankMonarch. RankMonarch jamin kecepatan web Anda dengan tehnologi LiteSpeed Situs Server, situs server paling cepat di dunia.

Service ini diperlengkapi dengan Cloudflare CDN, HTTP/2, dan SSD super cepat untuk perform web yang optimal. Ditambahkan lagi, telah dukungan PHP sampai versus 8 dan cPanel terkini untuk keringanan mengurus web.

Nantikan apalagi, yok abonemen service Situs Hosting Terbaik RankMonarch dan cicipi kecepatan perform web CodeIgniter Anda.

Saya Ingin Abonemen Service Situs Hosting Terbaik Saat ini!

Begitu artikel langkah menangani A Database Error Occurred CodeIgniter. Mudah-mudahan menjadi tutorial untuk Anda. Bila masih tetap ada pertanyaan, tidak perlu sangsi untuk menanyakan pada kotak kometar. Sampai bertemu kembali!

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment