Pengertian Web Hosting, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

No Comments

Di tahun 2019, ada 185 juta orang terhubung internet di Indonesia dengan menggunakan web hosting. Angka itu diprediksikan terus akan bertambah jadi lebih dari 256 juta pada tahun 2025. Kenaikan pemakai internet secara automatis menggerakkan bertumbuhnya penyuplai service web hosting. Terhitung di Indonesia. Ini terjadi bukan karena hanya penetratif internet di Indonesia semakin meningkat. Karena factor makin bertambahnya usaha yang go online.

Sementara, untuk memberikan dukungan usaha go online di internet, intinya diperlukan media berbasiskan situs. Banyak orang tak pernah betul-betul pikirkan di mana sebuah web itu ada. Atau bahkan; apa web itu. Saya menghidupkan computer saya. Buka browser dan ke Google atau Baidu atau Yahoo. Lantas menulis keyword. Seterusnya ada beberapa link di halaman mesin perayap. Lantas, klik! Dan content yang dicari ada demikian saja!

Tetapi apa yang sebetulnya terjadi, saat “berkunjung” website? Bila saya seorang pengunjung, ke mana saya pergi? Apabila itu ialah “situs”, di mana lokasinya? Jawaban simpelnya, Anda sudah terhubung sumber pangkalan data yang demikian kompleks. Data itu disimpan dalam sebuah ruangan penyimpanan data. Dan area untuk menyimpan data itu, ada dalam sebuah server. Dan itu disiapkan oleh web hosting!

Lantas apa itu web hosting, pemahaman, tipe dan perannya? Bila ingin ketahui lebih dalam, tetaplah membaca. Artikel ini akan memberikan Anda deskripsi mengenai itu.

Web Hosting dan Pengertiannya

Situs host berperanan penting di dunia online. Situs hosting (dalam istilah pemula) ialah service yang sediakan ruangan penyimpanan untuk website atau program pada server di internet. Sesudah sebuah situs ada di internet (dalam situs host), karena itu website itu bisa dijangkau oleh computer lain. Dari beragam penjuru dunia. Yang tentu saja harus juga tersambung ke internet. Bila Anda telah akrab dengan web atau pemilik sebuah web, karena itu Anda akan terkait dengan web hosting. Karena, mayoritas tidak membuat server sendiri untuk keperluan hosting. Umumnya memakai service dari faksi ke-3 .

Saat pemakai beli satu service situs host, pemakai itu sama dengan pinjam ruang penyimpanan data pada suatu server. Server sendiri ialah satu area untuk menyimpan semua data dan file yang diperlukan oleh web, supaya bisa bekerja secara prima. Mayoritas perusahaan hosting mewajibkan Anda mempunyai domain untuk memakai service mereka. Bila Anda tidak mempunyai domain, perusahaan hosting akan menolong Anda membeli.

Situs host berperan jaga server supaya masih tetap aktif dan bekerja. Situs host sanggup amankan server dari gempuran siber yang beresiko. Disamping itu, situs host bermanfaat untuk keperluan mengalihkan content, baik text, gambar, atau file dari server ke browser pengunjung satu web.

Bagaimana Cara Kerja Web Hosting

Sesudah ketahui pemahaman hosting, sekarang waktunya ketahui langkah kerjanya. Saat pemakai terhubung sebuah web lewat browser, internet akan mengirim keinginan akses ke server host. Selanjutnya, server akan mengirim info file yang disuruh ke computer lewat internet. Situs browser selanjutnya akan mengartikan berbentuk gambar atau tulisan yang hendak diperlihatkan ke pemakai.

Tersebut kenapa saat ingin terhubung satu web, karena itu penting untuk menulis alamat web yang betul pada browser yang dipakai itu. Selanjutnya, browser akan melanjutkan perintah itu oleh internet ke server host untuk dituntaskan sama sesuai keinginan. Dari hasil proses ini sebagai info web yang tampil pada browser, baik text atau gambar yang ingin dijangkau oleh pemakai. Dengan demikian, pemakai dapat memperoleh penampilan halaman web yang diharapkan.

web hosting

web hosting

Perbedaan Dari Domain dan Hosting

Agar semakin pahami mengenai pemahaman hosting, di bagian ini akan menerangkan mengenai bedanya dengan domain. Masalahnya host dan domain pada intinya bekerja bersama-sama hingga sering untuk orang pemula susah membandingkannya. Host dapat dimisalkan seperti sebuah rumah yang dikontrakkan sama ukuran tertentu. Masalahnya tiap rumah tentu mempunyai ukuran yang lain dengan rumah yang lain. Ini sama dengan host karena tiap penyuplai service situs host mempunyai ruang yang lain juga. Ada yang sediakan ruang atau area untuk menyimpan diawali 500 MB sampai unlimited.

Dan domain sebagai nama dari web atau alamat yang bisa dijangkau di internet. Nama domain sangat bermacam, dapat gabungan di antara huruf dan angka dengan bermacam perpanjangan, seperti.co.id,.com,.gov, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri mempunyai perpanjangan domain.id dengan 12 sub domain, seperti go.id, sch.id, ac.id, dan lain-lain. Setiap tahunnya jumlah nama domain yang telah tercatat semakin meningkat. Berdasar laporan dari PANDI, di tahun 2018 ada 281.467 jumlah nama domain.id yang tercatat dan bertambah jadi 352.905 di tahun 2019. Dengan demikian, peningkatan jumlah domain.id bertambah sekitar 25%.

Dari pembahasan itu dapat diambil benang merah jika pemahaman hosting yakni ruang server pada website. Dan domain sebagai alamat website, misalkan namadomainmu.co.id. Saat pemakai ingin terhubung situs itu, karena itu mereka harus menuliskan nama domain itu di kolom address browser.

Selanjutnya, server akan munculkan info yang disuruh di browser. Di beberapa penyuplai service situs host, pemakai umumnya beli nama domain secara terpisah. Tetapi, apabila sudah mempunyai nama domain, pemakai dapat lakukan migrasi ke penyuplai hosting. Supaya nama domain aman dan tidak dipunyai oleh seseorang, karena itu pemakai harus bayar nama domain /tahunnya.

Berbagai Macam Tipe Web Hosting

Sesudah pahami pemahaman hosting, bagaimanakah cara kerjanya, dan bedanya dengan domain, sekarang waktunya ketahui macam tipe hosting. Ada lima tipe situs host yang masing-masing mempunyai detail khusus. Bila Anda baru merencanakan untuk membikin web, sebaiknya Anda pahami tipe hosting. Supaya, saat beli/sewa hosting, itu sesuai keperluan. Seperti apakah detail masing-masing tipe situs host, berikut ialah penjelasannya:

1. Shared Host

Ini ialah tipe hosting yang terbanyak dipakai karena featurenya demikian pas dengan website atau web simpel. Sesuai namanya, shared host memiliki arti pemakai akan share server dengan pemakai yang lain pada provider host yang serupa. Maka, semua data yang ada di web itu ada di server yang serupa dan share semua resource yang ada.

Misalkan, yakni computing power, memory, disk ruang, dan lain-lain. Karena dipakai dengan pemakai yang lain pasti harga dari shared host benar-benar murah. Disamping itu, situs host tipe ini sangat gampang dipakai oleh pemula. Pemeliharaan dan administrasi server akan dilaksanakan oleh provider host itu.

2. VPS (Virtual Privat Server) Host

Pemakai yang memakai VPS akan share server dengan pemakai yang lain. Tetapi, provider situs host akan sediakan sisi khusus untuk pemakai itu di server. Dengan demikian, ruang server yang didapat pemakai memiliki sifat dedicated dan memperoleh memori dan power computing.

Karena pemakai tipe hosting yang ini mempunyai sisi sendiri di server dan tidak share dengan pemakai yang lain, karena itu perform situs jadi lebih baik. Pemakai memperoleh akses root ke server hingga bisa diatur secara berdikari. Tetapi, untuk memakai situs host yang ini seharusnya mempunyai kekuatan tehnis yang terkait dengan management server.

3. Cloud Host

Ini ialah tipe hosting yang tersambung pada banyak server tetapi terkonsentrasi pada mekanisme cloud. Dengan demikian, data di suatu web akan ada di sejumlah server yang tersambung memakai internet. Sekarang beberapa orang memakai service ini karena dipandang reliable, powerful, dan tanpa downtime.

Misalkan, saat pada satu server alami permasalahan atau repot, karena itu data pada web itu akan dipindahkan secara automatis ke server yang lain . Maka, web pemakai tetap aman walau ada permasalahan di suatu server. Maka dari itu, bila inginkan sebuah web yang sanggup raih beberapa pengunjung, tipe hosting yang ini sangat pas dipakai.

4. WordPress Host

Sama sesuai namanya, WordPress host cuma ditujukan untuk pemakai web WordPress. Semua konfigurasinya dibuat khusus untuk WordPress hingga web pemakai akan diperlengkapi dengan pre-installed plugin, seperti keamanan dan caching. Tipe hosting yang ini mempunyai feature yang bermacam, seperti topik WordPress pre-designed, specific tool developer, dan drag-and-drop page builder.

Harga yang dibanderol untuk WordPress host dapat dijangkau, hampir serupa dengan shared host. Instalasinya gampang, cuma pada sebuah click saja hingga pemula bisa juga memakainya. Karena ditujukan untuk pemakai WordPress karena itu situs WordPress yang memakai tipe hosting ini mempunyai perform yang hebat.

5. Dedicated Server Host

Bila inginkan server fisik sendiri yang cuma diutamakan untuk satu situs saja, dapat memakai tipe hosting yang ini. Maka dari itu, pemakai service ini akan gampang mengombinasikan mekanisme operasi, software yang dipakai dan setting hosting sama sesuai keperluan . Maka, bila memakai service ini, pemakai hampir serupa seperti mempunyai server sendiri.

Tetapi, pemakai tetap ditolong oleh konsumen dukungan yang dapat dipercaya. Walau seharusnya bila ingin memakai service ini, harus mempunyai kekuatan sekitar management server. Harga dedicated server host mahal tetapi sesuai dengan keandalan yang tinggi.

web hosting

web hosting

Peranan Web Hosting di Dunia Online

Di atas sudah dibahas berkenaan apakah itu situs host dan macam macamnya. Sekarang, waktunya mempunyai situs host sendiri karena sebuah web tidak dapat dibuat tanpa hosting dan domain. Maka, saat ingin mempunyai web, yakinkan sudah beli domain dan situs host-nya. Ada dua tipe situs host, yakni situs host gratis dan situs host berbayar yang pada intinya mempunyai peranan yang serupa. Tetapi, ke-2 nya mempunyai ketidaksamaan menonjol, satu diantaranya yakni situs host berbayar dapat membuat satu web kelihatan semakin kompeten. Misalkan, ada dua web, yakni tokobadminton.blogspot.com dan tokobadminton.com.

Sebagai pengunjung, tentu semakin lebih memutuskan untuk belanja di web ke-2 , yakni tokosepatuasli.com. Masalahnya pada web ke-2 ada situs host dan perpanjangan.com hingga kelihatan semakin kompeten. Dengan demikian. Usaha di dunia online juga lebih gampang untuk berkembang karena mendapatkan keyakinan dari pengunjung.

Memakai situs host mempermudah pemakai dalam mengurus program web yang dipakai. Masalahnya pemakai tak perlu mengatur satu per satu tetapi cukup satu perintah saja, semua akan sesuai seperti keinginan. Pemakai bisa juga atur semua sisi web sama sesuai keperluan dan kebutuhan usaha.

Dengan demikian, memakai situs host bukan hanya mengirit tenaga tapi juga mengirit waktu. Masalah keamanan tak perlu disangsikan karena situs host mempunyai sumberdaya yang cukup buat mengurus keamanan server mereka. Karena itu, pemakai dapat semakin konsentrasi pada bagaimana meningkatkan sebuah website dengan tak perlu bikin pusing situs host.

Langkah Memperoleh Service Web Hosting

Situs host berperanan utama di dunia online, bukan hanya untuk tingkatkan perform web tapi juga mempermudah dalam meningkatkan usaha. Bila berminat untuk memakai service situs host, ada dua langkah yang dapat dilakukan, yakni membuat server sendiri dan cari penyuplai service itu. Berikut ialah pembahasan dari tiap-tiap cara itu yang dapat dijadikan rekomendasi.

1. Membuat Server Sendiri

Langkah pertama kali yang dapat dilaksanakan untuk memperoleh service situs host yakni dengan membuat server sendiri. Pemakai harus mempunyai akses internet yang masih tetap dan konstan dan memerlukan situs server. Tetapi, yakinkan Internet Server Provider (ISP) yang dipakai mempunyai kekuatan untuk pemakaian itu.

Membuat server sendiri pasti tidak gampang karena memerlukan saat yang cukup banyak. Disamping itu, pemakai harus juga mempunyai kekuatan dalam mengurus dan mengonfigurasikan situs server. Disamping itu, ketrampilan yang lain yang perlu dipunyai yakni ketahui mengenai bagaimana pelindungan virus, meng-install firewall, dan lain-lain supaya data web aman.

2. Cari Penyuplai Service Situs Host

Bila tidak mempunyai beberapa waktu untuk membikin server sendiri, jalan keluar yang dapat dilakukan yakni dengan memakai service penyuplai service situs host. Penyuplai service situs host akan membuat tugas situs host yang sulit jadi lebih simpel. Dengan demikian, pemakai dapat konsentrasi dalam meningkatkan website tanpa bikin pusing masalah situs host.

Pemakai dapat abonemen secara bulanan atau tahunan untuk nikmati service situs host yang ditawari oleh penyuplai situs host. Tetapi, pemakai seharusnya cermat saat menentukan penyuplai service situs host. Harus ada sejumlah fitur simpatisan yang menolong pemakai supaya situs websitenya dapat jalan dengan maksimal.

Bermacam Detail Web Hosting Yang Harus Jadi perhatian

Sama sesuai pemahaman hosting yang sudah dibahas di atas, situs host ialah kunci supaya web mempunyai perform yang hebat. Maka dari itu, bila berminat untuk memakai service situs host, pemakai perlu memerhatikan beragam feature yang ditawari untuk sesuaikan keperluan. Adapun bermacam detail yang penting jadi perhatian saat menentukan service situs host yakni seperti berikut:

1. Bandwidth

Bila makin bertambah orang yang terhubung satu web, karena itu pemakaian bandwidth akan makin besar. Maka dari itu, saat pilih service situs host, yakinkan bandwidth yang dijajakan sanggup menampung jumlah pengunjung bulanan. Dengan demikian, web itu akan lancar dan cepat saat dijangkau oleh beberapa pengunjung sekalinya.

2. Disk Ruang

Dalam server ada disk ruang yakni besaran kemampuan hardisk penyimpanan . Maka, saat banyak memiliki data yang diletakkan di server, karena itu pemakaian disk ruang akan makin besar. Maka dari itu, pemakai dapat pilih paket hosting yang sesuai keperluan, yakni yang sanggup memuat semua content web.

3. Kontrol Panel

Kontrol panel server hosting bermanfaat untuk mengurus sekalian atur feature yang berada di server situs host. Penampilan Cpanel berbentuk graphical pemakai interface, yakni seperti text, gambar, atau ikon. Dengan demikian, Cpanel mempermudah pemakai untuk mengurus file situsnya. Ada bermacam service penyuplai Cpanel, seperti cPanel dan Plesk.

4. Webmail

Ini ialah feature yang dapat mengurus e-mail di server situs host. Fungsinya untuk mengurus e-mail keluar dan masuk dan simpan data e-mail yang dipunyai. Feature ini memungkinkannya pemakai untuk memakai e-mail sama sesuai nama domain yang dipunyai tanpa tergantung dengan penyuplai service e-mail.

Dengan demikian, pemakai dapat mempunyai alamat e-mail sama sesuai nama domain yang dipakai. Misalkan, alamat e-mail itu menjadi [email protected] Dengan demikian, pemakai tak lagi tergantung pada penyuplai service e-mail, seperti gmail, hotmail, dan lain-lain.

5. Kualitas Data Center

Data center sebagai lokasi khusus untuk simpan server situs host. Umumnya data center mempunyai sarana khusus supaya server dapat bekerja maksimal, seperti cadangan listrik, ruang berpendingin, bahkan juga keamanan dari kejahatan. Maka dari itu, saat pilih service penyuplai situs host, yakinkan penyuplai tempatkan servernya di data center berkualitas terbaik.

6. Layanan Dukungan Konsumen

Pilih service penyuplai situs host yang mempunyai konsumen dukungan 24/7/365. Konsumen dukungan penting untuk menolong pemakai saat web alami masalah. Masalahnya masalah pada web dapat terjadi kapan saja, bahkan juga pagi hari sekalinya. Maka dari itu, penting untuk pilih service penyuplai situs host yang sediakan dukungan 24 jam untuk pemakainya.

Tersebut pembahasan yang memikat masalah pemahaman hosting, langkah kerjanya, dan tipe hosting. Pemakaian situs host demikian penting di dunia online, tidak cuma mengoptimalkan perform web tapi juga tingkatkan keyakinan pengunjung. Bila berminat untuk memakainya, janganlah lupa untuk memerhatikan detail yang sama sesuai keperluan satu web.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment